khasiat buah naga merah dan manfaat buah naga



buah naga - baik bagi kesehatan tubuh : 

Siapa tak kenal buah naga? Buah dari beberapa tipe kaktus marga hylocereus dan selenicereus ini cukup gampang ditemukan di beberapa tempat di Indonesia dan mempunyai bermacam-macam manfaat bagi kesehatan.

Belum lama ini viral video seorang laki-laki membuang buah yang dagingnya berwarna merah dan putih ini dalam jumlah banyak ke sungai. Ternyata, hal tersebut merupakan aksi protes para petani karena harga buah naga yang menurun drastis.

Aksi tersebut benar-benar disayangkan dan menuai berbagai komentar dari warganet. Apalagi mengingat buah naga punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Namun, petani pun tidak bisa bertingkah apa-apa karena telanjur rugi hingga puluhan juta rupiah pengaruh hasil panen tidak laku dijual.

Kalau dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari, buah naga bisa memenuhi kebutuhan serat harian dan bagus untuk daya tahan tubuh.

"Buah naga mengandung banyak air serta kandungan vitamin C. Kandungan lainnya merupakan kaya akan serat sama seperti buah stroberi," ujar Spesialis Gizi dan Diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND.

Untuk memerangi penyakit kronis, buah naga merupakan senjata ampuh. Karena kandungan antioksidan di dalamnya bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Radikal bebas adalah molekul tak stabil penyebab kerusakan sel yang bisa menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk menuntaskan ini ialahyaitu dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan yang terdapat dalam buah naga termasuk vitamin C, betalains, beta-karoten dan likopen. Semunaya sudah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, antioksidan malahan bisa menolong melawan pertanda-tanda penuaan.

Diketahui buah naga dapat menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia, protein yang ditemukan di hati. Protein ini   sering  dihubungkan dengan terjadinya glaukoma turunan.

Kandungan beta-karoten dalam buah naga menolong mencegah degenerasi makula dan penyusunan katarak dengan melindungi mata dari radikal bebas membahayakan.

Anda malahan bisa merasakan tulang dan gigi lebih kuat dikala rutin mengkonsumsi buah naga. Kandungan kalsium yang tinggi dalam buah naga bisa menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan mencegah osteoporosis.

Untuk ibu hamil, buah naga pun aman dikonsumsi bahkan bisa menolong mencegah defisiensi hemoglobin dan anemia karena kaya zat besi, vitamin B, dan folat.

Buah naga juga adalah sumber vitamin C yang bagus dan dibutuhkan tubuh karena dapat menolong penyusunan kolagen, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, hingga menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Kalau dikala ini sedang berencana menurunkan berat badan, buah naga dapat jadi opsi tepat. Satu buah naga kecil, dengan berat 198 gram, hanya mempunyai 60 kalori. Buah naga mempunyai kepadatan tenaga yang betul-betul rendah.

Mengonsumsi makanan dengan kepadatan energitenaga rendah dapabisa menolong Anda menurunkan berat badan, juga mempertahankan berat badan yang sehat.

Makan buah naga bagus untuk kesehatan usus. Mengingat buah naga mengandung prebiotik, ia berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Prebiotik bisa mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare

Apabila Anda mengalami situasi kekurangan zat besi, cobalah makan buah naga. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke segala tubuh dan memecah makanan menjadi energi.

Dikala mengkonsumsi buah naga, pastikan Anda memilih yang sudah matang. Buah naga mentah akan berwarna hijau. Carilah yang berwarna ungu cerah sebab dagingnya lebih lembut, teksturnya mirip kiwi.

Anda dapat memakan daging buah naga secara langsung tanpa diolah, atau menjadi tambahan dalam salad, smoothie, dan yoghurt.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "khasiat buah naga merah dan manfaat buah naga"

Posting Komentar